fbpx

3 Solusi Untuk Anda Yang Memiliki Hubungan Tidak Direstui Orangtua

hubungan tidak direstui

Hubungan percintaan memang rumit. Banyak yang mengira proses pernikahan hanya menyatukan antara dua insan yang saling mencintai. Akan tetapi nyatanya, pernikahan adalah proses menyatukan dua keluarga. Oleh sebab itu, hubungan harus mendapatkan restu dari kedua belah pihak keluarga. Lalu apa jadinya jika hubungan tidak direstui?

Padahal restu orangtua sangat diperlukan agar kehidupan pasangan yang telah menikah tersebut berlangsung harmonis. Nah, bagaimana jika hubungan teman Moment dan pasangan tidak direstui orangtua? Apakah kalian akan mengakhiri hubungan tersebut secara langsung? Nah, kami punya solusi untuk teman Moment yang memiliki hubungan tidak direstui agar tak langsung menyerah dan memilih pisah.

Penyebab Orangtua Tidak Merestui Hubungan

Hubungan yang tidak direstui memang meninggalkan rasa sakit di dada. Terlebih jika hubungan tersebut tidak mendapat restu dari salah satu atau kedua pihak keluarga. Ada banyak faktor mengapa orangtua memilih untuk tidak merestui hubungan anaknya. Biasanya hal ini disebabkan oleh perasaan tidak enak atau tidak “sreg” orangtua terhadap pasangan anaknya.

Penyebabnya tidak selalu fisik dan ekonomi, bisa juga terkait sifat dan “potensi” pasangan anaknya tersebut di masa depan. Sebagai pihak yang sudah banyak “makan asam garam” dalam kehidupan, orangtua merasa berhak menghindarkan anaknya dari bahaya dan hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan (perceraian, misalnya). Oleh sebab itu mereka tidak memberikan restu walau pasangan datang ke rumah dengan tingkah laku yang sopan.

Bagi teman Moment yang sudah menangkap sinyal lampu merah dari orangtua atau orangtua pasangan terhadap kelangsungan hubungan tersebut, jangan patah semangat dulu. Karena pasti jika undangan pernikahan terpaksa disebar tanpa restu, pasti yang menanggung malu adalah Anda dan pasangan. Berusahalah, siapa tahu hati orangtua masih bisa diluluhkan dan akhirnya mereka memberikan restu. Jadi, nantinya Anda dan pasangan bisa lanjut ke pelaminan dengan hati yang lega dan bahagia.

Solusi Untuk Hubungan Tidak Direstui Orangtua

Hubungan tidak direstui tidak serta merta bisa dengan cepat diakhiri. Terlebih jika Anda merasa jika perasaan diantara kalian berdua sudah terlalu dalam. Sehingga nantinya tidak mungkin untuk move on dalam waktu cepat. Nah, berikut ini berbagai solusi untuk mempertahankan hubungan yang tidak direstui oleh orangtua :

Berbicara dengan pihak orangtua

Penolakan permintaan restu bisa jadi datang dari orangtua si doi, bisa juga datang dari pihak orangtua teman Moment sendiri. Jika ternyata ada sinyal lampu merah dari salah satu atau kedua pihak keluarga, cobalah untuk berbicara dengan mereka. Sebagai pribadi yang telah dewasa, pastinya pembicaraan antara anak dan orangtua bisa meluluhkan hati mereka.

Cobalah untuk bertanya apa yang menyebabkan mereka tidak merestui hubungan kalian berdua. Jika memang masalahnya bisa ditolerir, cobalah untuk meyakinkan orangtua. Namun jika akar masalahnya adalah sesuatu yang memang tidak bisa dirubah (masalah agama / keyakinan, misalnya), maka cobalah untuk menerima keputusan orangtua Anda.

Dengarkan pendapat orangtua dengan hati yang jernih

Ketika berbicara dengan orangtua dan mereka menjelaskan panjang lebar, cobalah untuk dengarkan pendapat mereka dengan hati yang jernih. Perlu kejelasan pikiran untuk bisa bertindak dengan baik di saat tertekan seperti itu, sehingga Anda pun harus mengendalikan pikiran juga agar tidak sampai melukai batin orangtua.

Karena bagaimanapun juga, orangtua pastinya ingin yang terbaik untuk anaknya. Sehingga mau tidak mau Anda harus menjadi pendengar yang baik terlebih dahulu sebelum menyampaikan sanggahan halus serta kalimat yang meyakinkan mereka. Nantinya jika Anda mampu meredam emosi, orangtua pasti juga akan luluh dan ingin yang terbaik untuk sang anak.

Bertahan dan buktikan pelan-pelan

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk meyakinkan orangtua agar mau merestui hubungan yaitu dengan bertahan sekuat tenaga. Bertahanlah walau sudah ada lampu merah dari mereka. Namun bertahanlah sewajarnya, jangan terlalu berlebihan. Dan buktikanlah pelan-pelan bahwa Anda masih peduli dengan pasangan dan ingin hidup dengan mereka sepanjang hidup.

Itulah 3 solusi untuk hubungan yang tidak direstui oleh orangtua. Rasanya memang berat jika pihak keluarga sendiri tidak merestui hubungan. Akan tetapi bukan berarti hubungan yang tidak direstui tersebut bisa dibubarkan begitu saja. Dengan menerapkan berbagai tips yang telah kami berikan, semoga orangtua Anda dan pasangan bisa melunak dan merestui hubungan kalian. Semoga bermanfaat!

Copyright Moment.my.id © 2020 Jasa Pembuatan Undangan Digital - All Rights Reserved
from Bogor City