fbpx
persyaratan nikah

Menikah adalah suatu prosesi yang begitu sakral, yang intinya adalah meresmikan hubunganmu dengan pasangan di hadapan keluarga, agama, dan pemerintah. Meresmikan hubungan secara sah di hadapan keluarga dan agama tidak terlalu sulit. Namun, yang sulit adalah memenuhi persyaratan nikah sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Apa akibatnya jika persyaratan nikah tersebut tidak dipenuhi?

Akibatnya, kamu dan pasangan dinyatakan belum resmi menikah di hadapan hukum negara kita. Istilahnya, kamu baru nikah siri dengan pasangan, dan hanya sah di mata agama. Sedangkan berbagai hal terkait warisan, hak asuh, dan lain sebagainya membutuhkan pengakuan dari negara untuk mengeklaimnya. Jadi, segera penuhi syarat nikah apabila kamu sudah ingin berkeluarga.

Apa saja syarat nikah tersebut?

10 Persyaratan Nikah, Wajib Dipenuhi!

Kantor Urusan Agama adalah sebuah lembaga yang bertugas untuk mencatat dokumen pernikahan yang diajukan oleh mempelai. Calon pengantin harus memenuhi berbagai persyaratan untuk menikah apabila ingin segera meresmikan hubungan dengan pasangan.

Berbagai persyaratan nikah yang nantinya disetorkan pada KUA harus diurus di berbagai pihak terlebih dahulu. Calon mempelai pria dan wanita masing-masing harus mengurus dokumennya di domisili tempat tinggal sebelum mengajukannya ke KUA domisili tempat tinggal mempelai.

Berikut ini berbagai persyaratan nikah yang perlu dipenuhi oleh calon pengantin :

  1. Menyediakan Surat keterangan untuk nikah (model N1) dan surat keterangan asal usul (Model N2)
  2. Menyediakan surat persetujuan mempelai (model N3) dan Surat Keterangan tentang orang tua (model N4)
  3. Menyediakan surat pemberitahuan kehendak nikah (model N7). Surat keterangan ini harus disediakan apabila calon pengantin tidak bisa menghadiri acara nikah tersebut sehingga harus diwakilkan oleh orang lain
  4. Menyediakan surat izin pengadilan apabila orangtua tidak memberikan izin untuk menikah
  5. Menyediakan pas foto ukuran 3×2 dengan jumlah 3 lembar, serta membayar biaya pencatatan nikah
  6. Apabila calon pengantin wanita belum berusia 16 tahun dan pengantin pria belum berusia 19 tahun, wajib ada dispensasi dari pengadilan
  7. Apabila calon pengantin merupakan anggota TNI/POLRI, harus mendapatkan surat izin menikah
  8. Apabila hendak menikah lagi, harus menyerahkan surat izin pengadilan
  9. Menyerahkan akta cerai atau kutipan buku pendaftaran talak bagi yang masih dalam proses cerai
  10. Menyerahkan surat keterangan kematian suami atau istri bagi janda atau duda

Berbagai dokumen tersebut harus disediakan oleh pasangan yang akan mendaftarkan pernikahannya ke KUA. Dokumen lain yang harus disertakan yaitu kartu imunikasi TT yang didapatkan dari puskesmas setempat.

Proses menyerahkan dokumen persyaratan nikah tersebut bisa langsung diserahkan pada petugas KUA yang bertugas. Setelah dokumen diserahkan, maka pernikahan bisa dilakukan langsung di kantor KUA tersebut maupun di luar kantor KUA.

Fakta menarik, apabila Anda mengundang petugas KUA untuk menjadi saksi nikah yang dilaksanakan di luar kantor KUA, nantnya harus membayar biaya sekitar Rp 600 ribu bagi tiap pasangan pengantin.

Namun apabila proses pernikahan dilakukan di kantor KUA, biaya nikahnya gratis alias Rp 0,-. Nah, kamu tim yang ingin nikah di kantor KUA atau di rumah, nih?

Persiapkan Persyaratan Nikah Sebaik Mungkin..

Mempersiapkan persyaratan nikah dengan sebaik mungkin menjadi keharusan bagi calon pengantin. Dengan mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan pernikahan, nantinya proses pernikahan akan berlangsung dengan baik tanpa hambatan.

Siapa ‘sih yang tak ingin bebas hambatan di hari bahagia ini?

Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan persiapan persyaratan nikah sebaik mungkin, ya. Jangan lupa juga siapkan undangan online agar lebih hemat biaya dan tentunya praktis bagi semua undangan. Semoga bermanfaat!

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published.

On Key

Related Posts

nikah beda agama

Nikah Beda Agama dalam Perspektif Hukum

Bagaimana tanggapanmu dengan nikah beda agama? Setiap orang pasti menginginkan satu kali pernikahan yang dapat dipertanggung jawabkan sampai akhir hayat. Dapat hidup dengan orang terkasih

biaya pernikahan

Rincian Biaya Pernikahan Sederhana

Siapa sih yang tidak ingin menikah. Selain harus punya pasangan, menikah juga memerlukan biaya yang besar. Umumnya, biaya pernikahan ini sangat bervariasi sesuai dengan budget

Name - City
Membeli Product Time